Seru dan Praktisnya Ke Bandara Menggunakan Kereta Api Bandara (Kuala Namu) Railink

20.53.00 Bluepacker ID 6 Comments

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink


Beberapa tahun lalu ketika berkunjung ke Singapura, saya sempat berkecil hati melihat MRT yang menghubungkan Bandara Changi dengan seluruh kawasan di Singapura. MRT memberikan kemudahan mulai dari pembelian tiket secara otomatis dari mesin atau loket, tiket online yang dapat di top up, stasiun yang bersih dan banyak infomasi rute dan tujuan, kereta cepat dan nyaman, dan banyak keunggulan lain. Saya berandai-andai MRT sudah beroperasi di Indonesia, pasti banyak warga yang akan memilih transportasi ini sebagai pilihan untuk ke Bandara Soekarno Hatta.

Rupanya harapan saya terwujud, pada tahun 2013, Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara memiliki Kereta Api Bandara yang menghubungkan dengan kota Medan.Kehadiran Kereta Api Bandara membuat saya bangga dan ingin segera menikmati pelayanannya suatu hari.

Railink Dibalik Inovasi Kereta Api Bandara Pertama Di Indonesia 

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Inovasi Kereta Api Bandara ini dipelopori oleh Perusahaan Railink. PT Railink merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II. Artinya, Railink ini menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang mengelola Kereta Api Bandara. Sebagai pelopor, Kereta Api Bandara Railink telah menjadi moda transportasi favorit bagi sebagain warga Medan dan Sumatera Utara yang menuju dan dari Bandara Kuala Namu.

Railink memberikan layanan yang tidak biasa bagi penumpang Kereta Api Bandara dengan standar yang bagus. Standar layanan tersebut dirancang memberikan kenyaman dan kemudahan bagi penumpang sehingga perjalanan dari dan menuju Bandara Kuala Namun menjadi mudah dan menyenangkan.

Megah Dan Lengkapnya Fasilitas Stasiun Kuala Namu dan Medan



Stasiun Kuala Namu merupakan stasiun kereta api yang berada di Bandara Kuala Namu. Stasiun ini terletak 50 meter dari Bandara dan melayani perjalanan dari stasiun Medan. Stasiun Kuala Namu disebut juga dengan nama Airport Railway Station. Stasiun ini dibangun dengan konsep modern dan dikelola oleh Sumber Daya Manusia yang bagus tentunya.

Penumpang, pengantar atau penjemputakan dimanjakan berbagai fasilitas seperti toilet, musholla, nursery room, jaringan WIFI, toko-toko retail, galeri ATM, money changer dan restoran atau cafe.

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Sedangkan Statsiun Medan disebut juga dengan City Railway Station. Dari luar, stasiun ini terlihat seperti bangunan Eropa terutama Belanda. Stasiun memiliki perjalanan panjang sebelum diresmikan sebagai salah satu Cagar Budaya. Dahulunya, Bangunan ini digagas oleh Naamlooze Venootschap Deli Spoorweg Maatscappij (NVDSM) pada tahun 1876. Setelah dipugar dan diperbaiki, bangunan bersejarah ini tetap terawat dan menjadi gerbang pembuka warga Medan menuju ke Bandara Kuala Namu.

Nah, banyak yang tidak tahu bahwa di Stasiun Medan ini ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh Railink yang sangat membantu perjalanan, salah duanya adalah Cek In dan Transit Hotel.

Fasilitas Cek In

Fasilitas early cek in dari Stasiun Medan dapat dinikmati oleh penumpang Kereta Api Bandara sehingga tidak usah khawatir akan terlambat cek in atau terburu-buru. Untuk saat ini, hanya penumpang dari Maskapai Lion Air yang dapat menikmati fasilitas cek in ini.

Transit Hotel 

Mendapatkan penerbangan terakhir atau sudah larut malam sehingga terlambat tiba di Bandara Kuala Namu menyebabkan tidak terfikirkan untuk tempat menginap. Nah, Stasiun KA Medan menyediakan Transit Hotel yang terletak tidak jauh dari pusat kota Medan sehingga memudahkan kegiatan di kota Medan.

E-Ticketing

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Konsep modern ditunjukan dengan cara membeli tiket yang mengunakan  E-Ticketing. E-Ticketing mempermudah transaksi pembelian tiket dengan mengunakan vending machine yang menerima segala bentuk kartu seperti kartu debet, kartu kredit (Visa dan Master Card), kartu prabayar atau melalui tiket counter. Kartu Prepaid yang dapat digunakan adalah kartu yang dikeluarkan oleh BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri dan Bank Mega.

Untuk memudahkan proses pembelian tiket pada Vending Machine, berikut tabel pembelian tiket.

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Selain melalui Vending Machine, Tiket Kereta Api Bandara juga dapat dibeli pada Agen Resmi Penjual Tiket KA Bandara. Berikut tabel agen resmi penjual tiket KA Bandara.



bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Untuk harga tiket dari Stasiun Medan ke Stasiun Kuala Namu atau sebaliknya per sekali jalan adalah Rp 100.000 (per 15 Januari 2015). Untuk tiket rombongan akan mendapatkan diskon sebesar 20 persen atau jika membeli tiket sebanyak 10 akan mendapatkan 1 tiket gratis.

Jadwal Kereta Api Bandara Railink

Untuk menjaga ketepatan waktu perjalanan dari jadwal yang telah ditentukan merupakan kewajiban dari Kereta Api Bandara Railink. Railink selalu mengutamakan service dengan ketepatan waktu perjalanan yang sebagian besar tepat waktu.

Nah, bagi yang mau mencoba naik Kereta Api Bandara, jangan lupa untuk mencatat jadwal perjalanan dari Stasiun Medan ke Stasiun Kuala Namu atau sebaliknya. Jangan khawatir karena terdapat lebih dari 20 kali waktu keberangkatan setiap harinya.

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink


Mengintip Dalamnya Kereta Api Bandara


bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink
Sumber : https://cargo.kereta-api.co.id
Penasaran dengan suasana di dalam Kereta Api Bandara kan? Iya ini dia dalamnya, suasanya mirip kereta api cepat di Jepang, Korea Selatan atau Eropa. Fasilitas didalamnya tentu sangat lengkap dari pendingin ruangan,kursi yang dilengkapi dengan LCD TV, toliet dan wasatafel, WIFI, tempat menyimpan bagasi dan beberapa fasilitas lainnya.

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink


Testimoni Pengguna Kereta Api Bandara Railink

bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink

Beberapa Penumpang yang telah mengunakan jasa Kereta Api Bandara Railink memberikan Testimoni pada Majalah Railink. Nah ini dia pendapat mereka :

Beta Megantara, Medan, Karyawan Maskapai Udara 

"Mobilisasi saya sehari-hari cukup tinggi. Sejauh ini, Railinksangat bermanfaat sekali terutama bagi saya yang berkerja di salah satu maskapai udara. Saya memperoleh banyak sekali fasilitas berupa potongan harga. Hal ini dapat memanding minat orang seperti saya untuk meninggalkan transportasi pribadi dan beralih ke public transportation.Pelayanannya sudah seperti sudah seperti skala internasional, lobinya luas, stafnya sangat ramah dan proses check-in penumpang sangat dibantu. Harapan saya, semoga terus update agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kalau boleh disediakan makanan."

Asma, Jakarta, Karyawan Swasta

"Sebelumnya saya mendengar cerita tentang Railink dari teman. Akhirnya waktu dapat pekerjaan dinas ke Medan, saya mencoba naik Railink. Keretanya memang bagus dan modern, stasiunnya bersih. Semoga tetap akan bertahan seperti itu. Hanya saja disayangkan, tarifnya menurut saya kemahalan, Sebagai perbandingan, jalur kereta api biasa Jakarta-Bogor dengan jarak lebih panjang memiliki tarif yang jauh lebih bagus."

Lusi, Jakarta, Wiraswasta

"Railink membantu saya dalam banyak hal, karena dapat diandalkan dari sisi waktu, kenyamanan, dan keamanan dalam berkendara. Jarang sekali kita temukan kendaraan publik yang dapat memberikan pelayanan seperti itu. Medan cukup bangga punya Railink yang bahkan boleh dibilang lebih keren daripada kereta bandara Singapura. Semoga saja Railink cepat hadir di Jakarta dan dapat menghubungkan ke kota-kota lainnya."

Tempat Wisata Di Sekitar Bandara Kuala Namu & Medan 

Menikmati keindahan alam dan tempat wisata di kawasan dekat Bandara Kuala Namu dan Medan merupakan suatu hal yang patut dicoba. Nah mau tahu apa saja tempat wisata yang menarik itu?

Pantai-Pantai di Sekitar Kuala Namu

Tidak banyak yang tahu bahwa di sekitar Bandara Kuala Namu terdapat beberapa pantai indah. Jarak tempuh dari Bandara ke pantai-pantai hanya sekitar beberapa puluh menit saja dan tidak sampai hitungan jam. Terdapat empat pantai yaitu Pantai Putra Deli, Pantai Serambi Deli, Pantai Muara Indah dan Pantai Ancol.

Mengunjungi Istana Maimun

Siapa tak mengetahui Istana peninggalan kerajaan Deli di Medan ini. Iya Istana Maimun merupakan sebuah istana dengan warna kuning yang merupakan warna khas dari Melayu. Istana maimun terletak Jl. Brigjen Katamso. Medan.

Menikmati Lezatnya Durian Medan

Medan merupakan sentra Durian yang sangat tersohor. Sebagai pengemar durian, saya pasti tidak akan melewatkan untuk sekedar mencoba satu per satu durian khas kota Medan yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan enak tentunya.

Tak Lupa Ke Danau Toba dan Pulau Samosir

Walaupun jauh dari Medan, namun Danau Toba dan Pulau Samosir memiliki keindahan yang tak tertandingi. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan pesona keindahan alam yang luar biasa. Selain keindahan alamnya, kamu juga bisa menikmati ragam kuliner yang ada disekitar kawasan Danau Toba dan Pulau Samosir ini.

Sebetulnya masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar Bandara Kuala Namu dan Medan yang bisa dinikmati keindahannya namun saya hanya merangkum beberapa saja.

Jakarta Akan Punya Kereta Api Bandara 


bluepackerid.com - Kereta Api Bandara Kuala Namu Railink
Buka Puasa Kereta Api Bandara Bersama Railink
Bagi warga Jakarta yang mengharapkan kehadiran kereta api menuju ke Bandara Soekarno Hatta, Railink akan mewujudkannya. Dalam waktu yang tak berapa lama lagi, Jakarta akan memiliki Kereta Api Bandara pada paruh awal tahun 2017. Rencananya lintasan akan dimulai dari Manggarai hingga Soekarno Hatta di Tangerang. Beberapa stasiun akan disesuikan dengan kebutuhan Kereta Api Bandara seperti perbaikan fasilitas dan perbaikan rel kereta seperti peninggian rel untuk menghindari banjir.

Kita doakan saja semoga Jakarta dan sekitarnya dapat menikmati kecanggihan dan kenyamanan Kereta Api Bandara dari Railink.


Catatan :
Seluruh foto dan referensi yang digunakan diambil dari www.railink.co.id dan Majalah Railink

6 komentar:

  1. Kereta api bandara Kuala Namu ini memang kereta api paling cakep yak! keren lah.. semoga nanti yang Jakarta juga bisa sama bagusnya, lumayan banget buat ke bandara biar gak deg-degan takut macet :D

    BalasHapus
  2. Ini salah satu impian akuh. Naik kereta api bandara di Medan. Emang bikin ngiler beneran deh. Semoga suatu hari bisa terwujud :)

    BalasHapus
  3. Kereta Api yang digunakan bener-bener indah dan keren. Kok kepikiran kalau semua kerte api di Indonesia kayak itu hahhahaha

    BalasHapus
  4. waaaaah megahnya, semoga suatu hari aku bisa kesini ... andai kereta commuterline di jkt modelnya kyk diatas hehe

    BalasHapus
  5. kereta api bandara nya bersih banget ya, nyaman..

    BalasHapus
  6. kereta api bandaranya sungguh menakjubkan..

    BalasHapus