10 Destinasi "Populer" Backpacker di Indonesia

15.29.00 Bluepacker ID 23 Comments


Berwisata dengan hemat dan murah kini bukan rahasia kalangan tertentu saja, semua warga negara Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berwisata dengan budget yang ramping. Istilah Backpacker, kini sangat familiar dikalangan para pejalan di Indonesia, apalagi di dukung dengan program pemerintah yang ingin mengembangkan pariwisata dan pengaruh low cost arlines yang turut serta dalam mengembangkan rute-rute dengan potensi wisata yang bagus di Indonesia.

Ketika menginjakan kaki di suatu daerah, terpikir untuk selalu menikmati keindahan dan pesona alam yang dimiliki suatu daerah, mulai dari benteng, museum, kuliner, tempat ibadah, kesenian dan ragam lainnya. Namun, bagi beberapa pejalan, seperti saya, menjadi orang lokal yang seutuhnyalah yang membuat saya merasakan sebuah perasaan mendalam dan menikmati sebuah perjalanan tersebut.

Nah, bagian Indonesia masa saja yang masuk dalam list saya, kita kunjungi satu per satu, di mulai dari :
Yogyakarta

Ketika memasuki Yogyakarta, kesan tentram dan damai langsung muncul seketika. Sepertinya masyarakat Yogyakartalah yang menjadikan kesan seperti itu muncul karena ke ramahtamahan. Bagi backpacker, menjelajah Yogyakarta sepertinya tiada habisnya, semakin mengali destinasi wisata di daerah ini, semakin terasa banyak sekali yang belum terjamah. Banyak sekali yang belum di gali, misalnya kampung turis, Candi Ijo, Museum Affandi, Punthuk Setumbu, dan masih banyak tempat lainnya. Transportasi dan akomodasi di Yogyakarta sangat mendukung untuk para backpacker.
Bali

Wisatawan asing sangat mengenal Bali sebagai salah satu tujuan favorite. Selain karena tempat wisatanya, pilihan tempat menginap serta tranportasi yang terjangkau mendukung untuk melakukan backpacker di Bali. Banyak pula yang menetap lama, kemudian menikah dengan orang lokal. Untuk backpacker, cara menghemat tranportasi, gunakalah mobil dan motor sewa yang bisa digunakan dalam beberapa hari perjalanan di Bali.
Cirebon

Cirebon mendapatkan hati dalam list karena beberapa obyek wisata yang luar biasa misterius, kemudian kulinernya yang sangat lezat serta akomodasi yang sangat-sangat terjangkau. Goa sunyaragi yang sangat terkenal, keraton Cirebon, empal gentong yang lezat, serta masih banyak yang dapat di gali dari Cirebon. Untuk mencapai Cirebon, terdapat beberapa alternatif transportasi seperti kereta yang sangat murah. 

Semarang

Lawang sewu yang megah dan berdiri megah Tugu muda yang di kenal sebagai tugu perjuangan melawan penjajah, kemudian terdapat kuil sam poo kong yang sangat legendaris menambah daya tarik Semarang. Kulinernya pun tak kalah memikat, mulai dari lunpia, bandeng presto, tahu gimbal, sego kucing dan masih banyak kuliner yang bisa di nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Mengenai akomodasi, rate tempat penginapan sangatlah murah jika dibandingkan dengan Jakarta.
Malang

Menikati sunrise di gunung Bromo merupakan hal terindah yang sebelum tidak dapat di rasakan. Di puncak ketinggian, pemandangan lalu lalang mobil dan aktivitas penduduk menambah rasa kagum pada pesona alam Malang. Air terjun, kebun apel, batu night festival, dan beberapa museum yang menambah daya tarik wisata di Malang.

Bandung

Apabila menikmati kuliner dengan keragaman kuliner yang sangat bervariasi, maka Bandung lah yang dicari. Mau surabi rasa sosis daging asap pun Bandung memilikinya, apalagi batagor yang merupakan jajanan yang sangat populer di sini. Untuk Penginapan, banyak pilihan mulai dari harga di bawah ratusan ribu, hingga sampai jutaan. Begitu juga dengan pilihan transportasi yang sangat terjangkau.
Banjarmasin
Miniatur Penjual di Pasar Terapung Muara Kuin, Sekitar Banjarmasin 
Banjarmasin memiliki kuliner yang kaya, begitu pula dengan kekayaan alam yang mampu membuat wisatawan asing pun rela terbang ke Banjarmasin demi menikmati keindahnya. Kekayaan alam itu terbukti dengan banyaknya batu-batuan alam yang terpusat pada sebuah daerah bernama Martapura. Kemudian, Banjarmasin juga memiliki pasar terapung yang sangat istimewa, ada dua lokasi yaitu Muara Kuin dan Lok Baintan. 

Bangka Belitung

Ingin menikmati pemandangan bebatuan indah di sepanjang laut, Bangka maupun Belitung memiliki laut dan pantai yang menakjubkan, sehingga sayang jika dilewatkan. Di samping itu, di Belitung terdapat lokasi syuting Laskar Pelangi yang menjadi film favorit di Indonesia.Dari segi kuliner, Bangka Belitung memiliki ciri khas sea food yang kental. Menikmati semangkuk mie sea food hangat beserta minuman air kelapa segar, wah pasti liburan menjadi seru.

Gili Trawangan

Gili Trawangan siapa yang tak kenal dengan destinasi satu ini. Mungkin saja wisatawan asinglah yang lebih mengetahui destinasi favorite saya satu ini. Berada di gugusan pulau Gili, Gili Trawangan merupakan satu pulau terbesar. Diving, snorkling ataupun bermain voli di pantai pasir putih pun akan sangat menyenangkan. Apalagi pada saat malam tiba, berbagai hiburan pun meriah di gelar.
Pontianak

Titik nol khatulistiwa melintas melewati kota Pontianak ini. Di tempat ini pula lah, terdapat tugu yang dibangun sebagai tanda bahwa inilah titik nol khatulistiwa yang sebenarnya. Selain tempat wisatanya, Pontianak sangat beragam kulinernya mulai dari kwetiauw appolo, chai kue, es krim petrus, pisang goreng selai srikaya, lemang, minuman lidah buaya, dan masih banyak kuliner khas Pontianak lainnya.

So, apakah 10 Destinasi "Populer" Backapcker versi saya ini masuk dalam list kamu? Semoga semuanya masuk ya. 

Baca Juga :
Pontianak
Banjarmasin
Yogyakarta
Cirebon



23 komentar:

  1. Beberapa kota sama, namun ada yang beda juga :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Sitam, apa donk yang beda hehehe pasti Pontianak dan Banjarmasin yak?

      Hapus
  2. Masuk semua massss, bahkan lebih hehehe
    Hanimun di Pontianak sama Banjarmasin seru kali yah?! Bahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Putri, hahaha masuk semuanya ya listnya, baguslah hahaha

      haninum enaknya di Gili Trawangan dan Bali hahaha, eh lombok juga enak kayaknya hahaha

      Hapus
  3. Balasan
    1. @Bukan Rsataman, harus kudu wajib kesana hahaha

      Hapus
  4. Tinggal Pontianak sama Banjarmasin nih yang belum. Lok Baintan udah lama jadi waiting list. Klo Pontianak pengennya ke tugu khatulistiwa. Aku kan seneng banget spot titik nol hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Adie Riyanto, hahaha Kalimantan ini kan pusat Batu Akik hahaha, jadi harus kesana dan belanja batu akik sebanyak2nya hahaha

      Hapus
  5. gw sekarang domisili di Balikpapanom, tpi malah Banjarmasin sama Pontianak yg belum gw datengi.. nah loh.. eeh bangaka belitung belum jg seh.. :D

    BalasHapus
  6. dari kota-kota yang dilist diatas, banyak yang belum pernah dikunjungi haha, nunggu bisnis trip kantor aja lah | *maunya*

    BalasHapus
  7. Dari sepuluh, cuma dua yang pernah dikunjungi haha... Semoga sisanya segera menyusul. :D

    BalasHapus
  8. Huaaaaaa.. Aku jadi kangen Jogjaaaaa T_T

    BalasHapus
  9. hiks.. jadi pengen ke bali, dan banjarmasin huhuhuhuhu

    BalasHapus
  10. jadi pengen ngunjungin babel, pontianak, cirebon biar kekinian...hehe yang lain sih udah..

    BalasHapus
  11. Kayaknya bakalan makin banyak orang jakarta yang main ke cirebon .....
    2 jam-an lewat tol cipali ... Asyikkk

    BalasHapus
  12. gunung bromo bukan di Malang bro hehehe

    tepatnya di perbatasan 3 kabupaten

    kota malang sendiri memang sangat layaak dikunjungi, dan kota satelitnya Kota Batu Tempat wisatanya Malang Raya..

    BalasHapus
  13. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  14. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "10 Destinasi "Populer" Backpacker di Indonesia".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus
  15. bandung selain banyak tempat wisata disana juga terkenal dengan kulinernya..

    BalasHapus
  16. Banyak yang belom ke Pontianak yak? Datengnya pas titik kulminasi, bulan puasa, cap go.meh atau ultah Pontianak. Pasti seru deh

    BalasHapus