Yogyakarta (II) : Goa Pindul

13.55.00 Bluepacker ID 5 Comments




Rasa Goa Pindul ini sangat familiar ditelinga saya. Saya mencoba mengingat-ingat lagi. Dan, ternyata setelah saya ingat-ingat, saya pernah melihat sebuah tayangan di youtube mengenai Goa Pindul ini. Jalan-jalan Men, yang telah mengantarkan saya ke Goa Pindul ini.



Goa Pindul ini terletak di Gunung Kidul, sebuah daerah yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta. Jarak tempuh sekitar satu  sampai satu setengah jam ini memang membutuhkan sebuah transportasi yang 'safety'. Sekedar informasi, waktu tempuh dan jarak yang lumayan jauh patut disiasati dengan mengunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Untuk transportasi umum, sangat jarang yang langsung sampai ke lokasi.



Tips Sewa Kendaraan



Di Yogyakarta, banyak pilihan untuk menyewa kendaraan sebagai pilihan menuju goa pindul. Berikut beberapa tips memilih sewa kendaraan di Yogyakarta :



Informasi Hotel Biasanya jika kita menginap di salah satu hotel, di resepsionis biasanya terdapaat beberapa brosur mengenai informasi travel atau sewa kendaraan. Apabila belum cukup informasi pada brosur, coba tanyakan kepada resepsionis mengenai travel atau sewa kendaraan tersebut. Jangan lupa tanyakan apakah ada harga khusus atau diskon.
 

Tanya ke Teman Teman yang berada di Yogyakarta juga sangat berperan penting. Yup, selain bisa dijadikan sebagai guide, anda bisa manfaatkan untuk bertanya sewa kendaraan yang memiliki rate bagus dengan kualitas bagus juga.
 

Bandingkan Harga Apabila anda telah cukup memiliki informasi mengenai beberapa penyewaan kendaraan, maka anda bisa membandingkan rate harga per masing-masing penyewaan kendaraan. Jangan lupa perhatikan berapa jam sewa, harga sewa sudah termasuk dengan bahan bakar dan supir atau tidak, dan kapasitas kendaraan tersebut.
 

Kredibilitas Rental Selain harga yang bersaing, jangan lupa untuk memperhatikan kredibilitas penyewaan kendaraan tersebut. Apabila memiliki nama baik, anda bisa memesan dengan tenang dan aman.
 

Tetapkan harga deal dan minta Kontak Driver Setelah deal dan melakukan pemesanan dengan harga yang telah disepakati, jangan lupa untuk mencatat baik-baik nomor kontak driver yang bertugas. Nah, itu dia beberapa tips apabila anda memilih untuk menyewa sebuah kendaraan.


Perjalanan Menuju Goa Pindul



Sumber : http://goapindul.com/lokasi-dan-peta-cave-tubing-goa-pindul/

Waktu tempuh yang lumayan jauh yaitu sekitar  satu sampai satu setengah jam. Goa pindul sendiri terletak di Desa Bejiharjo, Gunung kidul. Apabila anda menyewa kendaraan, maka perlu dipersiapkan seperti cemilan, dan minuman ringan sebagai teman selama perjalanan.


Ada beberapa hal yang patut anda coba sehingga perjalanan ke Goa Pindul pun menjadi menyenangkan :



Play Music and Sing Together Nah, ini jurus jitu banget untuk mengusir jenuh selama perjalanan.
Selfie dengan Teman Jelas sekali selfie merupakan sesuatu yang wajib selama perjalanan sehingga suasana yang jenuh berubah menjadi menyenangkan.
Tidur Apabila kondisi anda kurang begitu fit, maka disarankan untuk tidur dan menikmati perjalanan dengan mimpi yang indah, siapa tahu di mimpi kita bisa ketemu bidadari yang mirip cinderella hahaha.  
Makan dan Minum Uhuuy, ini malah akan membuat lemak-lemak yang ada bertambah banyak, tapi kalau belum makan atau sarapan sebaiknya memang makan dulu, agar tidak mabuk selama perjalanan.



Wirawisata Goa Pindul








Goa Pindul termasuk wisata yang dikelola oleh karang taruna atau penduduk sekitar dengan membentuk beberapa agen wisata (tempat outbound). Menurut Mas “X”, mungkin ada lebih dari 10 tempat “outbound” yang dikelola. Meskipun telah memiliki lebih dari 10 tempat outboud, mereka sering kewalahan menampung wisatawan lokal maupun asing yang datang setiap harinya. Apabila musim ramai, tempat-tempat outbound tersebut sempat menyatakan ada pembatasan setiap harinya, karena memang kapasitas goa pindul sendiri yang memiliki kapasitas yang tidak terlalu banyak dan tergantung dari aliran sungai yang fluktuatif apalagi kalau saat musim kering.








Wisata Goa pindul terdapat tiga jenis wahana , yaitu Goa Pindul, Sungai Oya, dan Goa Sioyot. Anda akan disajikan dengan Goa aktif yang dialiri oleh sungai, dan satu-satunya di  ASEAN. Kemudian, anda bisa menyusuri sungai Oya dan bisa merasakan terjun bebas ke sungai dari tebing dengan ketinggian sekitar 5-10 Meter. Dan terakhir, Goa Sioyot merupakan goa yang dipenuhi stalagtit dan stalagmid dan hanya bisa dilalui dengan merunduk karena ketinggian goa hanya setinggi dada orang dewasa. Selain stalagtit dan stalagmid, pada beberapa bagian Sioyot ini dialiri oleh air yang mengalir seperti Goa pindul, namun hanya air yang tak terlalu deras. Selain itu, yang menjadikan Sioyot istimewa adalah anda dapat melihat batu-batuan dalam bumi yang menarik dan masih alami.



Tiket Masuk Wisata




Goa Pindul

Domestik : Rp 40.000

Non Domestik : Rp 60.000



Sungai Oya

Domestik : Rp 50.000

Non Domestik : Rp 70.0000



Goa Sioyot

Domestik : Rp 50.000

Non Domestik : Rp 70.0000


























Keajaiban Goa Pindul



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Pindul_Cave,_Indonesia.JPG



Salah satu keajaiban yang patut kita nikmati adalah Goa aktif yang dialiri oleh sungai. Dan, merupakan satu-satunya di ASEAN. Jadi, kita harus bangga dengan keajaiban yang dimiliki oleh  Indonesia ini. Kita harus bangga dengan obyek wisata yang satu ini. Anda bangga kan? Iyaaaaaaa.



Sebelum “nyemplung” ke sungai, anda diwajibkan untuk memakai pelampung untuk keselamatan, serta memilih Ban besar yang digunakan untuk menyusuri Goa Pindul.



Goa Pindul berisikan tiga zona, zona terang, zona remang dan  zona gelap. Namun, menurut cerita legenda yang ada, dahulu kala Joko Singlulung mencari Ayahnya hingga ke sebuah Goa. Sehingga pada saat menyusuri Goa-goa yang ada, Joko ini menabrak sebuah bebatuan besar di bagian pipi, sehingga Goa ini dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata Pipi Gebendul "Pindul" atau dalam Bahasa Indonesia berarti pipi yang terbentur.



Seperti layaknya nyemplung di air, menyusuri Goa Pindul dengan sebuah ban besar dan pelampung itu memiliki sensasi tersendiri. Waktu pertama kali rafting pada tahun 2013, saat outing kantor, saya menikmati sekali, karena kesan pertama kali itulah, saya menikmati setiap momen saat berada di Goa Pindul. Ya basah-basahan nya, ya nuansanya yang mistis, ya keramaian orang-orangnya, dan yang paling penting adalah kita saling gandengan, eh, hahaha.



Susuri Sungai Oya








Beda saat rafting dengan permainan di Sungai Oya ini adalah, saya menaiki sebuah Ban, dan melawan arus sungai yang lumayan deras. Saya bersama beberapa teman berpegangan erat sekali, takut terbawa arus, apalagi kalau ada arus yang lain, kasih tahu ngga ya. Hehehe.



Setelah menyusuri sungai, di pertengahan Sungai Oya, terdapat wahana untuk menguji nyali, yaitu lompat dari tebing sungai yang tingginya sekitar 5-10 meter. Saya menyatakan berani. Awalnya sih ragu-ragu, tapi saat meloncat dan kemudian mendarat diair, perasaan takut pun berubah menjadi perasaan lega.



Setela berhasil lompat, saya pun berenang ketepian, setelah menepi, dan pada saat menuju ke arah teman-teman saya disisi yang bersebelahan, saya merasakan sesuatu yang berat menahan badan saya. Ternyata saya berenang melawan arus. Saya mencoba sekuat tenaga untuk melawan arus tersebut. Akhirnya dengan keadaan yang lemah, saya berhasil menepi disisi yang berbeda. Sungguh perjuangan yang sangat berat, seberat badanku, eh.



Setelah basah-basahan, saya pun menghangatkan badan dengan menyantap mie ayam kuah yang panas. Semoga kuah mie ayam ini dapat mengusir masuk angin yang hinggapi badan ku yang telah terisi oleh lemak-lemak.


5 komentar:

  1. Saya pun mengunjungi gua Pindul dan river rafting di sungai Oyo pada 2013, tapi jujur tak bisa menikmati karena pada saat itu sedang hari libur dan jumlah pengunjung membludak. Bahkan di dalam gua kami tak bisa mendengar penjelasan pemandu karena celoteh pengunjung demikian gaduh..

    Semoga sumber daya alam ini tak rusak oleh eksploitasi wisata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Disgiovery, Halo Mas, memang agak mengkhawatirkan sih, kalau pas liburan gitu, jumlah pengunjungnya banyak banget, dan yang jelas ngga bakalan nikmatin kalau sempit2an kayak gini

      Hapus
  2. Seru bangetttt ...
    Sayang waktu ke jogja tidak main kesini

    BalasHapus
  3. Maju terus wisata Gunungkidul, maju terus wisata Jogjaku. Jika ke Jogja, jangan lupa untuk mampir di destinasi wisata yang begitu luar biasa Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta.

    BalasHapus
  4. berwisata ke goa pindul selain bisa menikmati keindahannya kita juga menyusuri goa..

    BalasHapus