Tips Dan Strategi Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Promo


Bagi seorang traveler, kebanggaan itu bisa tercermin dari seberapa murahkah tiket yang dibeli untuk ke suatu destinasi impian. Sederhana, namun sangat membuat saya bahagia dan menceritakan keseruan berburu tiket walau harus antri ataupun begadang selama beberapa untuk mencari tiket termurah. Teman saya banyak yang mendapatkan tiket murah karena strategi khusus, dan banyak orang sering melupakan langkah-langkah sederhana yang berdampak luar biasa tersebut. Namun, saya menyimpan strategi dan akan saya beberkan kepada semuanya tanpa terkecuali. 

2012, saya mendapatkan tiket murah dengan menggunakan pesawat budget murah. Waktu itu saya ingat betul saya bisa mendapatkan harga sekitar 2 juta dengan tujuan Jepang. Pada saat itu, harga 2 juta rupiah termasuk dalam kategori sedang atau bahkan murah tergantung dari musimnya. Saya memilih musim panas karena masih memiliki matahari yang sama dengan Jakarta. Maklum, saya takut badan saya tidak bisa menerima dinginnya Jepang pada bulan Januari-Maret. 

"Saya kini menyukai musim dingin, dan tidak sedingin yang dibayangkan karena terdapat pakaian khusus."

Statement ini muncul setelah beberapa tahun belakangan ini saya sering bolak-balik Jepang dan Korea Selatan. Dua negara yang memiliki musim dingin yang sangat saya sukai. 


Oh iya, setiap traveling satu hal yang mendapatkan prioritas utama adalah tiket pesawat terbang. Tanpa membeli tiket pesawat, traveling tidak akan terlaksana. Makanya saya sering mengajak sahabat traveling dan membeli tiket pesawat terlebih dahulu sebagai kesungguhan dan komitmen untuk traveling. Urusan hotel, transportasi dan tetek bengeknya bisa dipikirkan setelah mendapatkan tiket tersebut. So, kalau ada teman mengajak traveling namun hanya omongan saja tanpa realisasi, mendingan tinggalin aja teman seperti itu. PHP saja, hehehe.

Lalu bagaimana mendapatkan tiket pesawat murah? Oke, berikut tips dan strategi mendapatkan tiket pesawat murah. 

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari


Sebelum kerajaan api menyerang, Avatar pun harus mempersiapkan diri dengan kekuatan yang dimilikinya. Hahaha, ini gambaran persiapan mencari tiket pesawat murah dengan matang salah satunya adalah memesan jauh-jauh hari sekitar setahun atau paling lambat 3 bulan sebelumnya. Jadi, jika traveling akan dilakukan tahun 2019, usahakan dari tahun ini kamu sudah mengumpulkan uang dan mencari cari tiket melalui online, social media dan travel fair. 

Kenapa harus setahun sebelumnya? Saya penganut paham persiapan adalah yang terpenting dalam sebuah perjalanan terutama membeli tiket pesawat. Rute atau transportasi bisa dipikirkan setelah selesai membeli tiketnya. Selain itu, maskapai akan memberikan harga khusus dan promo pada periode setahun sampai 3 bulan menjelang hari keberangkatan. 

Perhatikan periode perjalanan, juga hari pergi dan pulang Anda


Kombinasi akhir pekan atau libur panjang membuat harga tiket akan melambung, usahakan untuk memilih pertengahan weekdays seperti Senin-Jumat atau  mencoba kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu. Maka dari itu, cuti anda akan sangat berharga, berhematlah dan rencanakan dengan sangat matang. Selain hari keberangkatan dan kepulangan, jangan lupa untuk memilih bulan low season seperti September-November dan Februari - April karena pada bulan tersebut harga tiket sangat bersahabat. 

Pelajari Tren Promo Maskapai


Setiap maskapai memiliki periode promo tertentu, salah satunya dengan Travel Fair dan dalam setahun akan ada beberapa promo. Kepolah dengan social media maskapai yang kamu incar. Misalnya Singapore Airlines, salah satu maskapai terbaik di Dunia yang beberapa hari lalu mengadakan travel fair di Gandaria City Mall, Jakarta. Selain travel fair, biasanya Singapore Airlines mengadakan online promo dan periodenya beberapa kali dalam setahun.

Pilih Penerbangan Dengan Rute Transit 


Biasanya rute transit harganya sangat berbeda dengan rute langsung. Harganya lumayan menghemat jika sedang terdapat kebutuhan lain selain tiket pesawat seperti hotel dan transportasi. Bayangkanlah apabila yang bisa dihemat dengan rute tidak langsung ini bisa mencapai angka jutaan, maka hal ini bisa menjadi alternatif jika periode traveling sangat lama dan banyak transit di beberapa kota lainnya. 

Misalnya kota A sangat dengan kota B, kota A adalah kota mahal sedangkan kota sedang dan cenderung murah. Usahakan membeli rute kota B, karena itu pun akan menghemat biaya tiket dan perjalanan secara keseluruhan. 

Jangan Memborong Tiket Pesawat

Jangan membeli tiket pesawat dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu transaksi sebab akan mengakibatkan tiket akan lebih mahal meskipun duduk dalam satu barisan. Cara meyiasatinya adalah dengan cara memesan melalui window yang berbeda namun dalam satu aplikasi web.

Pergi Ke BCA SQ Travel Fair 2018



Trust Me It Works, karena di BCA Singapore Airlines Travel Fair ini banyak sekali promo menarik misalnya saja Cash Back, Cicilan 0 % jika menggunakan kartu kredit BCA dan masih banyak promo lain dari masing-masing tour travel. 

Travel Fair ini ibarat seperti oase di padang pasir yang memberikan kesegaran di tengah cuaca yang panas. Saya pasti akan menyempatkan datang ke travel fair seperti ini sambil melihat atau berburu tiket murah yang tersedia. Oh iya, cashback yang ditawarkan cukup mengiurkan yaitu untuk dibawah 5 juta mendapatkan cashback sebesar Rp 700.000 dan untuk transaksi diatas 5 juta mendapatkan cashback sebesar Rp 1.500.000. Untuk maskapai sekelas Singapore Airlines, maka harga tiket ke Jepang sebesar Rp 4 jutaan adalah harga yang lumayan, apalagi service yang diberikan sangat baik. 



Nah, itu dia tips yang bisa saya bagikan untuk pemburu tiket murah. Seiring menggali informasi dari berbagai macam sumber, maka pengetahuan tentang tiket akan sangat bermanfaat untuk menghemat budget traveling. So, kalau ad kebiasaan atau tips dari kamu juga, yuk sharing juga di komentar. 

6 komentar:

  1. Aku juga pengennya beli tiket jauh-jauh hari gitu mas biar bisa dapet tiket murah. Tapi aku lagi trauma nih, udah ada 3 tiket super murah yang hangus. Alasannya ada aja sih, dari baru pertama masuk di kantor baru, sampai nggak punya duit di hari keberangkatan, hahaha.

    Jadi sekarang lebih sering trip dadakan alias impulsif. Beli tiketnya baru 1 bulan bahkan 1 minggu sebelum keberangkatan, hahaha.

    BalasHapus
  2. Tiket murah juga impianku sebagai travel blogger. Soalnya di samping uangnya terbatas, daripada beli mahal kan anggarannya buat yang lain. Makanya efisien juga ya kalau berburu tiket murah di pameran pameran seperti ini

    BalasHapus
  3. Aku mauuu tiker eh tiket muraaahhh
    Makacih trik pake new windownya

    BalasHapus
  4. BCA ini support banget traveler ya, cash backnya menggoda. Ya, kalau niat mau traveling jauh,harus hunting tiket ya dari sekarang.

    BalasHapus
  5. Aku tidak ahli mencari tiket pesawat murah.
    Jadinya, minta bantuan sama teman.
    Tinggal bayar cicilannya via temanku.
    Enaknya punya teman yang pengertian hehehe

    BalasHapus
  6. Pernah dapet tiket promo
    eh pas hari H ga bisa berangkat krn ada acara
    abis itu ga pernah beli promo lagi wqwq

    BalasHapus