5 Hal Yang Wajib Dilakukan Dengan Pesawat Terbaru Citilink Airbus A320neo

2 comments

Selama ini perjalanan beberapa jam melewati beberapa pulau di Indonesia tak senyaman dibayangkan, belum lagi pelayanan yang cenderung minimalis membuat pesawat terbang hanyalah sebagai transportasi udara tanpa pelayanan yang luar biasa. Walapun sering naik maskapai low budget, namun saya tahu bahwa kenyamanan penumpang adalah satu hal yang wajib terpenuhi. Selain kenyamanan, faktor keselamatan penumpang juga menjadi keutamaan. 

Beruntung sekali, saya menyaksikan secara langsung peluncuran pesawat citilink Airbus A320neo. Pesawat ini telah melewati dua benua sebelum sampai di Jakarta. Berawal dari Perancis kemudian dibawa langsung menuju ke Jakarta, dan dikemudiakan langsung oleh pilot Citilink. Luar biasa. Belum pernah sebangga ini melihat piot Indonesia yang sangat teruji. 



Rute utama pesawat Citilink Airbus A320neo ini adalah Indonesia bagian Timur seperi Sulawesi, Maluku dan Papua. Kapasitas penumpang sekitar 189 dengan tempat duduk yang lebih lega dan luas dibandingkan pesawat yang sebelumnya. 

Nah seperti apa hal-hal yang wajib dilakukan dengan pesawat terbaru dari Citilink ini? Ini dia 5 hal yang wajib dilakukan dengan pesawat terbaru Citilink Airbus A320neo.

Selfie Di Depan Pesawat 


Sudah menjadi keharusan mengabadikan setiap pesawat yang saya naiki, terutama yang baru atau belum pernah saya naiki sebelumnya. Airbus A320neo ini memikat karena sangat besar, lebih besar dari pesawat-pesawat Citilink reguler lainnya. Jadi, sebuah kehormatan bisa foto di depan pesawat Airbus ini. 

Wefie bersama Pramugari Citilink


Selfie didepan pesawat sudah, lalu apa lagi yang wajib kita lakukan dengan pesawat terbaru Citilink ini? Oh iya wefie atau berfoto ria dengan pramugari yang cantik. Ini salah satu ekpresi saya berfoto dengan pramugari sangkin kegirangannya. Maaf ya kalau agak norak dan tidak bisa menjaga perilaku saya hahaha. 

Mungkin bisa dihitung dengan jari saya bisa berfoto dengan pramugari, mungkin kurang dari 10 kali. Jadi ini momen sangat langka, bisa jadi momen prestisius seumur hidup saya. Oke mungkin ini lebay tapi begitulah kenyataan yang tak bisa dipungkiri. 

Menjadi Pilot Selama 5 Menit


Dulu selain menjadi dokter, cita-cita untuk menerbangkan pesawat selalu menjadi favorite saya. Bukan karena kegagahan atau gajinya saja, namun karena jasanya bisa membuat orang dapat mengunjungi sanak saudaranya di seberang pulau bahkan di benua seberang sana. Suatu pekerjaan yang mulia. Cita-cita ini masih ada sampai sekarang walau kadanya sudah tergantikan oleh akuntan dan traveler seperti sekarang. Jalan-jalan sudah menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang menyenangkan sekali. 

Nah, dimomen kali ini, cita-cita saya terbayarkan. Saya dapat masuk ke area kokpit pesawat Airbus A320neo. Rasanya sedikit berdebar-debar ketika masuk dan duduk diarea kemudi. Bukan satu atau dua tombol yang ada dihadapan saya, melainkan ratusan tombol, entahlah saya tidak sempat menghitungnya. Dan, satu dua tiga cekrek, suara kamera mengabadikan gerak-gerik saya sebagai pilot untuk pertama kalinnya. Sungguh pengalaman yang tak akan dilupakan. Setidaknya saya pernah masuk ke kokpit dan mengetahui secara jelas bagaimana rasanya jadi pilot selama 5 menit.

Menjadi Pramugara 


"Selamat datang di Pesawat Airbus A320neo terbaru kami. Kita akan menjelajah dengan ketinggian 30.000 kaki diatas laut. Saya Salman Faris, atas nama awak kabin yang bertugas mengucapkan terima kasih. Selamat terbang bersama kami Citilink." 

Kata-kata itulah yang sering kita dengan ketika akan terbang lepas landas dari Bandar Udara. Merupakan tugas utama dari Pramugari atau Pramugara untuk memastikan keselamatan seluruh penumpang yang naik pesawat. Selain menjaga keselamatan, tugas lainnya adalah melayani seluruh penumpang tanpa terkecuali. Eh, tapi jangan minta-minta yang aneh-aneh ya, nanti ditangkap oleh keamanan bandara. 

Saya berkesempatan mencoba menjadi pramugara walaupun hanya sebentar, tak lebih dari 5 menit. Ambilah phone yang melekat di dinding. Kemudian tekan tombol untuk mengeraskan suara. Dan berbicaralah layaknya pramugara yang sudah profesional. Taraaat, selesailah tugas saya menjadi pramugara. Walau tak semudah yang dibayangkan, namun sudah cukup puas menjadi pramugara 5 menit. 

Foto di kolong pesawat    


Kolong pesawat memang ada ya? Eits jangan salah pesawat juga memiliki kolong yang biasa kita lihat melalui jendela. Kolong yang dimaksud adalah tempat baling-baling pesawat dan biasanya dibawah sayap pesawat. Sebelum terbang biasanya pesawat akan parkir terlebih dahulu, nah sebelum masuk ke pesawat biasanya mengabadikan dulu foto di bawah kolong ini. Kapan lagi kan foto di kolong pesawat baru seperti Airbus A320neo ini. 

Nah, ini dia keseruan yang saya lakukan pada saat peluncuran pesawat Airbus A320neo. Semoga bisa kesampaian menikmati penerbangan bersama pesawat ini terutama daerah Timur Indonesia. Amin.   

2 komentar:

  1. Yang paling kece waktu jadi pilot pak xD
    wuidih udah pas banget posenya kek mau nerbangin pesawat beneran. Ehe.
    Tutsnya banyak banget anyway, ada yang bisa untuk delivery pizza gak ya wkwkw.

    Nice experience ya pak ^^

    BalasHapus
  2. Trima kasih pak. Info ini sangat bermanfaat buat yang sering travelling... Apa lagi penggemar citilink seperti saya

    BalasHapus