Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Sukabumi

Leave a Comment

Teh Desy itu tinggal di Sukabumi. Dari dulu saya ngefans sama Teh Desy Ratnasari. Iya memang betul dia sekarang di Jakarta,  tapu saya masih penasaran dengan rumahnya yang ada di Sukabumi. Itulah awal mula saya mengenal Sukabumi. Terdengar sangat klise tapi memang betul saya masih mengagumi Teh Desy sebagai salah satu panutan.

Dan, entah mimpi dari mana,  akhirnya saya pun bisa ke Sukabumi. Rasa saya malu sama diri sendiri,  kenapa negara lain sudah dikunjungi,  namun Kota yang sangat dekat dengan Jakarta malah terlewatkan. Ya,  biar saya memaki diri kenapa saya melewatkan Kota seindah ini.

Jika diberikan waktu 2 hari,  apa saja tempat wisata yang wajib kudu mesti dikunjungi Kota Sukabumi.  Saya punya listnya nih untuk kamu semuanya.

Pemandian Air Panas Cikundul


Kalau Jepang punya Onsen,  Pemandian Air Panas ala Jepang,  Kota Sukabumi pun memiliki Pemandian Air Panas Cikundul. Eits,  bukan Cigundul ya tapi Cikundul. Nama Cikundul sendiri merupakan sebuah kelurahan di Sukabumi.

Kesan pertama saat menginjakan kaki di Pemandian Air Panas Cikundul adalah Refleksi atau menenangkan diri di tengah derasnya rutinitas yang melanda di Jakarta.

Harga tiket sangatlah terjangkau sekitar 3 ribu Rupiah. Setelah masuk ke kawasan Pemandian,  terdapat beberapa pilihan antara kolam air panas dan air dingin. Oh iya,  kolam air panas pun memiliki fasilitas private area. Jadi jika merasa ingin bersama keluarga kecil dan menikmati air panas langsung dari mata airnya,  bisa mengunakan ruang ini. Hanya saja akan dikenakan biaya tambahan yang tak begitu mahal.

Lukisan 3 Dimensi Di Gang Masjid


Jika Malang,  Semarang dan Lampung serta Jakarta memiliki Kampung Warna-Warni, maka Kota Sukabumi pun memiliki Lukisan 3 Dimensi yang dapat dijadikan obyek foto yang menarik.

Ikan Koi dan sungai yang mengalir serta kerindangan hutan pun bisa dirasakan di sebuah gang kecil persisi di sebelah Masjid. Masjid tersebut tidak jauh dari wisata pemandian air panas. Pilihan menarik bagi pelancong yang membawa keluarga atau teman.

Taman Hutan Kota Kibitai


Kota Sukabumi ternyata memiliki paru-paru kota yang cukup rindang dan nyaman. Sukabumi terkenal karena kesejukannya, namun dikala siang terik yang menyengat, orang-orang membutuhkan sebuah taman yang rindang.

Namun memang Taman Hutan Kota ini belum terbuka sepenuhnya untuk publik pun fasilitasnya masih belum baik untuk sebuah taman kota. Seharusnya Taman Hutan Kota ini bisa dibanggakan karena memiliki fasilitas lengkap dan seperti taman-taman di Singapura yang sangat terawat dan bagus.

Bumi Perkemahan Bina Bumi Pakujajar

Kota Sukabumi sangat dinamis dan berusaha memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Terbukti dengan adanya Bumi Perkemahan yang cukup luas dengan fasilitas yang menunjang seperti sanitasi dan kebutuhan air bersih.

Kawasan AgroEdu Wisata

Disamping Bumi Perkemahan,  terdapat Kawasan AgroEdu Wisata yang menghadirkan beberapa spot seperti Peternakan, Pertanian,  Teknologi dan lainnya. Benar saja, setelah dari Bumi Perkemahan bisa mampir ke Peternakan Sapi,  Kebun dengan teknologi panel surya dan masih banyak yang menarik lainnya.

Museum Kipahare

Selain wisata alam, Kota Sukabumi juga memiliki wisata Edukasi yaitu Museum Kipahare. Museum ini berdiri dari swadaya masyarakat yang mengumpulkan situs  peninggalan dari wilayah Kota Sukabumi. Disamping itu,  Museum ini mampu bercerita tentang Kota Sukabumi di waktu lampau melalui foto dan peninggalan. Oh iya, selain itu terdapat budaya yang lekat di masyarakat Sukabumi serta kesenian alat musik seperti Tarawangsa yang tetap lestari.

Itu saja sebagian kecil list wisata yang bisa dikunjungi. Sebetulnya masih banyak wisata lain yang bisa dikunjungi. Next akan saya bahas di tulisan selanjutnya.


0 komentar:

Posting Komentar