Tak Hanya Saat Umroh, Vaksin Flu Juga Penting Saat Traveling Ke Luar Negeri

00.58.00


Penting ngga sih Vaksin Flu (Influenza) pada saat Traveling ke Luar Negeri? Jawaban itu saya temukan pada saat hadir dalam acara "Bebas Flu Saat Traveling" bersama Program Kenapa Harus Vaksin dari Sanofi Indonesia. Selama ini saya bertanya-tanya, apakah harus melakukan vaksin padahal negara tersebut tidak sedang musim dingin? Atau, apakah hanya pada saat Umroh saja harus melakukan vaksin flu selain vaksin meningitis? Banyak sekali hal yang menganjal selama ini mengenai vaksin dan penyakit influenza itu sendiri. 

"Kamu bersin mulu deh."

"Iya nih aku lagi flu."

"Kayaknya kamu harus istirahat dan minum obat deh."

"Ngga usah, besok juga palingan udah sembuh."

"Eh, jangan sampai meremehkan flu loh."

"Emang flu bahaya banget?"

"Ini nih yang ngga banyak nonton berita, nontonnya darkor mulu."

"Seriusan deh, apa bahaya?"


"Pada tahun   1918 terkenal sebagai wabah flu paling mematikan sepanjang sejarah manusia. Seratus tahun yang lalu, wabah flu melanda negara-negara Eropa. Wabah flu di Spanyol diklaim memakan korban hingga 100 juta jiwa. "

"Wah, udah ratusan juta ya yang jadi korban." 

"Yes, beberapa tahun belakangan ini virus flu juga terus berkembang dan mengalami mutasi ke bentuk yang lebih berbahaya tentunya."

"Oke, aku mau vaksin ah karena bulan depan aku mau ke Jepang dan disana musim dingin."


Ada ratusan jenis virus flu dan terus berkembang belakangan ini. Dan, kita tidak boleh meremehkan atau menganggap itu tidak penting sama sekali. Masih ingat dengan virus flu burung atau virus flu babi yang menyerang mahluk hidup termasuk manusia, tentu saja ini sangat berbahaya. Apalagi pada saat kita ke negara lain, kita tidak pernah tahu ketahanan tubuh kita, cuaca yang terjadi di negara tersebut serta virus apa yang sedang mengancam negara tersebut. So, beberapa tindakan yang preventif itu sangat dibutuhkan. 

Virus influenza terus bermutasi dan menyebar ke area lain. Influenza menular dengan sangat cepat dan mudah lewat udara. Saat perjalanan adalah momen paling rentan tersebarnya virus influenza. Dampak buruknya, influenza dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi yang dapat berujung pada kematian.


Lalu, hal apa saja sih yang perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit flu datang dan menghindari berkembangnya virus tersebut. Nah, ini daia beberapa cara terbebas dari virus flu diambil dari alodokter.com.

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, atau hand-sanitizer berbahan dasar alkohol.
  • Tidak menyentuh mulut, hidung, dan mata, sebelum mencuci tangan.
  • Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, dengan cairan disinfektan.
  • Tidak berbagi makanan atau penggunaan benda pribadi, seperti gelas atau botol minum.

Bila sudah terserang flu, Anda dapat meminimalkan penularan ke orang lain dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menjauhkan diri dulu dari orang lain, hingga setidaknya 24 jam setelah demam turun.
  • Memakai masker bila ke luar rumah.
  • Menutup mulut dan hidung dengan tisu, saat bersin atau batuk. Buanglah tisu dan cuci tangan



Saya akan membagikan pengalaman yang sangat berharga menghadapi Musim Dingin (Winter) di Jepang. Tahun 2019 ini, terhitung saya telah menginjakan kaki sebanyak 7 kali. Hampir separuhnya dilakukan pada saat musim dingin, dan yang paling spesial adalah ketika Musim Sakura. Walaupun sudah mengalami kenaikan suhu udara dan tidak terlalu dingin, namun saya masih saja udara dingin menyelimuti Jepang ketika bulan Maret akhir dan April awal. 

Hal-hal yang bisa dipersiapkan pada saat sebelum traveling ke Jepang pada saat musim dingin adalah sebagai berikut : 

Persiapkan Jaket Winter

Jangan melakukan hal konyol dan meremehkan musim dingin di negara dengan  musim seperti Jepang. Pertama kali menjumpai musim dingin, saya mencoba menggunakan jaket yang dapat menahan suhu dingin sampai belasan derajat. Ternyata jaket tersebut pun tidak bisa menahan dinginnya suhu yang mencapai satu digit bahkan sampai minus. 

Jangan Lupakan Lapisan Dalam 

Selain jaket winter, jangan lupakan lapisan dalam seperti pakaian dalam heattech atau longjhon, sweater dan lapisan lain sebelum menggunakan jaket. 

Scraft Dan Top Kupluk Serta Sarung Tangan 

Jika jaket tak kuat menahan dinginnya angin, maka kita perlu scraft, topi kupluk dan sarung tangan untuk menahan dingin. Dijamin, tubuh kita sedikit terasa hangat dengan ketiga benda tersebut.

Bawalah Obat Dan Minuman Penghangat

Jangan lupakan obat-obatan, apalagi jika menderita asma atau penyakit yang berhubungan dengan alergi di musim dingin atau cuaca dingin. Minuman seperti jahe dan lainnya pun sangat membantu menghangatkan dikala musim dingin.

Persiapkan Diri Sebelum Traveling Dengan Vaksin Flu 

Percaya atau tidak, virus flu akan terus menghantui kita. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit itu adalah dengan Vaksin Flu. Kenapa harus Vaksin? Apa sih Keuntungan dari Vaksin? 

Seperti kita ketahui bahwa Virus flu bisa disebut 'virus pintar' karena bisa berubah setiap tahun untuk menyerang sistem kekebalan Anda. 


Dan, faktanya vaksin flu hanya dilakukan setahun sekali atau tergantung dari perkembangan penyakit flu di negara tersebut. Selain itu harga yang ditawarkan untuk sekali vaksin pun sangatlah terjangkau hanya sekitar 200 ribu - 300 ribu. Nah, salah satu vaksin yang paling terrekomendasi adalah Sanofi Indonesia. Informasi lengkap mengenai Sanofi Indonesia bisa diakses melalui website resminya disini.  

Nah, sudah saatnya melakukan vaksin flu untuk mencegah penyakit tersebut berevolusi dan menyebabkan banyak komplikasi yang tidak dibayangankan sebelumnya. 

Happy Traveling !

You Might Also Like

0 komentar