Menyaksikan Keindahan Festival Kebudayaan Helaran Kabupaten Bogor 2019

11.23.00


Suatu ketika di Kerajaan, hiduplah penduduk dengan damai dan makmur. Alam yang subur dan kaya, hasil bumi pun tak pernah surut. Baginda Raja penguasa yang memerintah dengan wibawa dan ketegasan serta adil memberikan kenyamanan dan kedamaian penduduknya. Dan, kini masyarakat pun merasakan hal yang sama di Kabupaten Bogor. Inilah serangkaian adegan Festival Kebudayaan Haleran Kabupaten Bogor 2019 yang diadakan untuk menyambut ulang tahun Kabupaten Bogor pada bulan April ini. Perwakilan Kementerian Pariwisata, 16 duta besar negara sahabat, serta para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor menghadiri acara puncak Festival Budaya Helaran Bogor 2019




Sebelum menampilkan pawai budaya dari 40 Kecamatan Kabupaten Bogor, terlebih dahulu menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan, dan Lampung.

Tak dipungkiri, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali memiliki budaya khas dan tradisi pariwisata yang sangat bagus di Indonesia. Bali contohnya merupakan salah satu aset pariwisata yang menjadi acuan daerah lainnya. Bali menampilkan kesenian pertunjukan unik kisah Rama dan Shinta serta Rahwana dan Hanoman. Legenda dan kisah cinta yang selalu menarik untuk dinikmati. 

Sedangkan DI Yogyakarta yang selalu menampilkan tradisi yang unik, salah satunya penampilan pertarungan diselingi dengan komedi yang menghibur. Selain itu, provinsi lainnya pun meanpilkan tarian dan budaya yang sangat kaya dan beragam.  






Kabupaten Bogor terdiri dari 40 kecamatan dan memiliki potensi kekayaan kesenian tradisional yang sangat beragam. Setiap kesenian memiliki ciri khas masing-masing, yang lahir dari khasanah wilayahnya. Terdapat parade pakaian adat, tari-tarian, hingga pawai mobil hias.

Dalam sambutannya, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan festival ini awalnya digagas untuk memperingati hari jadi Kabupaten Bogor. Berkat dukungan dan antusias masyarakat setempat, acara ini kemudian menjadi agenda tahunan 

"Terimakasih banyak kepada Kementerian Pariwisata yang telah mendukung penuh acara ini sehingga dapat terlaksana tiap tahunnya. Begitu juga kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, seluruh instansi, dan seluruh masyarakat yang ikut membantu mensukseskan acara ini. Kepada para duta besar negara sahabat, semoga terhibur," ucapnya.



Memiliki 40 Kecamatan, tentunya Kabupaten Bogor sangat bangga karena banyaknya keragaman budaya yang ditampilkan di jalan utama Stadion Pakansari. Terik dan panas tak menyurutkan antusiasme warga Bogor yang sedari pagi telah memadati jalanan ini. 

Akar budaya Sunda dan terakulturasi dengan budaya-budaya lainnya membuat sajian pawai budaya ini sangatlah menarik untuk di tonton. Tak hanya satu dua budaya yang bercampur menjadi satu melainkan banyak budaya bahkan terdapat akulturasi dari negara lain seperti Tiongkok, Arab dan India. Tak heran jika kisah atau budaya kita terinspirasi dari budaya lain di Asia. 



Sebagai penikmat budaya, saya mengharapkan banyaknya masyarakat yang turut melestarikan budaya tersebut agar tidak hilang tergerus roda zaman yang semakin modern. Sudah saatnya budaya dikemas secara modern tanpa menghilangkan akar budaya tersebut. 

Selamat menyaksikan festival budaya Haleran ditahun-tahun berikutnya, semoga festival ini akan terus menginspirasi generasi muda untuk aktif meneruskan dan menyebarluaskannya. 

You Might Also Like

0 komentar